Search

15 Ucapan Selamat Hari Perawat Nasional 2023 dan Sejarahnya - detikBali

Denpasar -

Perawat memiliki jasa yang besar dalam dunia kesehatan. Namun tidak banyak yang tahu perawat juga memiliki hari perayaan khusus, yakni Hari Perawat Nasional yang diperingati setiap 17 Maret setiap tahunnya.

Perayaan ini dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap dedikasi yang telah disumbangkan oleh perawat. Simak yuk sejarah dan ucapan Hari Perawat Nasional.

Sejarah Hari Perawat Nasional

Dilansir dari detik.com, perawat memiliki organisasi nasional yang dikenal dengan nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Sebelum dikenal dengan nama PPNI, perawat telah memiliki perkumpulan sejak zaman penjajahan Belanda jauh sebelum Indonesia merdeka.

Pada 1921, organisasi perawat di Indonesia dikenal dengan nama Perkumpulan Kaum Velpleger Boemibatera (PKVB). Setelah adanya momentum Sumpah Pemuda pada 1928, terdapat perubahan nama pada organisasi ini menjadi Perkumpulan Kaum Velpleger Indonesia (PKVI).

Saat Jepang menjajah Indonesia pada 1942, perkembangan keperawatan di Indonesia mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan karena adanya kekacauan regulasi di dunia medis Indonesia.

Kebanyakan hak-hak medis dikerjakan oleh orang-orang yang tidak memiliki keahlian. Sehingga perkumpulan perawat seolah menjadi tidak mendapat tempat di bidangnya sendiri.

Namun disaat yang sama, Penjajahan Jepang atas Indonesia juga memberikan secercah harapan agar Indonesia dapat merdeka. Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II dan Soekarno memproklamirkan kemerdekaan secara independen tanpa intervensi dari Jepang, titik terang terhadap kemajuan keperawatan pun mulai terlihat.

Aktivitas keperawatan berangsur membaik, yang ditandai dengan terbentuk kembali organisasi keperawatan seperti Serikat Buruh Kesehatan, Persatuan Djuru Rawat Islam, Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi ini mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Ojo Radiat, HB. Barnas, dan Drs. Maskoed Soerjasumantri untuk melakukan fusi organisasi menjadi Persatuan Perawat Indonesia (PPNI). PPNI dibentuk pada 17 Maret 1974, yang kemudian 17 Maret ditentukan sebagai Hari Perawat Nasional.

Ucapan Hari Perawat Nasional

Buat detikers yang ingin mengirimkan ucapan hari perawat kepada rekan-rekannya, berikut 10 ucapan selamat Hari Perawat Nasional yang dapat kalian gunakan:

  1. Selamat Hari Perawat Nasional untuk semua perawat tangguh Indonesia!
  2. Selamat memperingati Hari Perawat Nasional! Jasamu sebagai pahlawan kesehatan tidak akan terlupakan.
  3. Kata orang, kesabaran dan keikhlasan seorang perawat adalah ilmu tingkat tinggi. Maka dari itu, setinggi itulah kami menghargai dedikasimu. Selamat Hari Perawat Nasional!
  4. Tangan-tangan hebat itu terlihat lelah karena bekerja keras. Namun usahanya tidak sia-sia untuk kesehatan masyarakat. Sejahteralah Perawat Indonesia, Selamat Hari Perawat Nasional.
  5. Bagiku, sumber cahaya hidup adalah kesehatan. Terima kasih karena telah menunjukkan cahaya itu, perawat-perawat hebat Indonesia! Selamat Hari Perawat Nasional.
  6. Tidak peduli betapa sulit rintangannya, terima kasih karena telah sabar dan ikhlas untuk mendukungku kembali sehat. Selamat hari perawat untuk perawatku yang hebat!
  7. Tidak semua pahlawan membawa pedang dan perisai untuk berperang. Perawat hanya butuh jarum suntik, keahlian, dan ketabahan untuk menang. Selamat Hari Perawat Nasional!
  8. Selamat Hari Perawat Nasional! Apresiasi melalui kata tidak akan pernah cukup untuk membalas jasa-jasamu.
  9. Dibalik kesehatan pasien, terdapat perawat yang merawatnya dengan sepenuh hati. Terima kasih perawat Indonesia, Selamat Hari Perawat Nasional!
  10. Atas pelayanan maksimal dengan hati yang sabar, tulus, dan ikhlas, kami mengucapkan terima kasih dan selamat Hari Perawat Nasional!
  11. Kepada para perawat yang selalu siap bertarung di garis depan perang melawan penyakit, terima kasih atas keberanian dan dedikasimu!
  12. Terima kasih kepada para perawat yang merawat pasien dengan cinta dan empati, menghadirkan kehangatan dalam momen-momen sulit, dan menyebarkan kebaikan di seluruh dunia. Selamat Hari Perawat Nasional!
  13. Selamat Hari Perawat Nasional! Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa bersyukurnya kami atas bantuan yang telah Anda berikan kepada kami selama ini.
  14. Selamat Hari Perawat Nasional 2023. Terima kasih kepada semua perawat yang selalu berada di garis depan. Semoga sehat selalu.
  15. Selamat Hari Perawat Nasional! Semoga perawat Indonesia hidup bahagia dan sejahtera. Jaya selalu tenaga keperawatan.

Nah itu dia 15 ucapan Hari Perawat Nasional. Yuk bagikan sekarang juga.

Artikel ini ditulis oleh Ni Kadek Ratih Maheswari peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video "Bima Arya Bagi-bagi Voucher Belanja untuk Tenaga Kesehatan di Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/iws)

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
March 17, 2023 at 02:00AM
https://ift.tt/82FyVPH

15 Ucapan Selamat Hari Perawat Nasional 2023 dan Sejarahnya - detikBali
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/gDUSdR8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "15 Ucapan Selamat Hari Perawat Nasional 2023 dan Sejarahnya - detikBali"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.