Search

CEK FAKTA: Tangis AHY Pecah! Selamat Jalan Anisa Pohan, Benarkah Ada Kejanggalan Atas Kepergiannya? - Suara.com

Baru-baru ini beredar klaim yang mengabarkan Istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anisa Pohan meninggal dunia.

Klaim Anisa Pohan meninggal dunia hingga tangis AHY pecah beredar melalui sebuah video yang diunggah akun Facebook Seputar Nesantara pada 11 Mei 2023 lalu.

Video yang diunggah tersebut menampilkan putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah dengan narasi: 

“Innalilahi..tak kuasa melihat tangis keluarga Cikeas tak terbendung,” tulis judul video unggahan akun tersebut.

Baca Juga:Anies Baswedan Soal Cocok atau Tidak AHY Mendampinginya Sebagai Cawapres: Semua Ada Waktunya...

Sementara, pada foto yang ditayangkan dalam video tersebut juga dituliskan narasi tangis Ketua Umum Partai Demokrat AHY pecah.

“TANGIS AHY PECAH!” “SELAMAT JALAN ANISA POHAN ADA KEJANGGALAN ATAS KEPERGIAN NYA HINGGA JADI BEGINI,” tulis aku tersebut dalam foto yang disertakan dalam video tersebut.

Lantas benarkah tangis AHY pecah lantaran Anisa Pohan meninggal dunia? selengkapnya akan terjawab melalui artikel ini.

Penjelasan Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran terhadap video tersebut, foto Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah dengan klaim “Selamat Jalan Anisa Pohan” merupakan klaim yang menyesatkan. 

Baca Juga:Cak Imin Ajak Partai Demokrat Dukung Prabowo di Pilpres 2024? Tapi Iman AHY Kuat Banget

Bukan Anisa Pohan, foto jenazah dalam video tersebut faktanya adalah jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019) lalu.

Foti yang sebenarnya salah satunya dimuat di artikel berjudul yang terbit di Kompas pada 2 Juni 2019 berjudul “Saat Pemakaman Ani Yudhoyono, Ini Rencana Penutupan Jalan di Sekitar TMP Kalibata”.

Foto tersebut diberi keterangan “Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019).(ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)”

Dilansir dari artikel ini, Ibu Ani Yudhoyono tutup usia di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu setempat, setelah berjuang melawan kanker darah. Dia dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019.

Kesimpulan

BUKAN Anisa Pohan. Foto di video itu adalah foto ketika Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2019) lalu.

Karenanya, dapat disimpulkan video berisi klaim tangis AHY pecah lantaran Anisa Pohan meninggal dunia termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
May 16, 2023 at 11:58AM
https://ift.tt/g0n4HJh

CEK FAKTA: Tangis AHY Pecah! Selamat Jalan Anisa Pohan, Benarkah Ada Kejanggalan Atas Kepergiannya? - Suara.com
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/6YQDaXT
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "CEK FAKTA: Tangis AHY Pecah! Selamat Jalan Anisa Pohan, Benarkah Ada Kejanggalan Atas Kepergiannya? - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.