Search

20 Ucapan Hari Pendidikan Nasional dan Quotes Bijak Ki Hajar Dewantara - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan peringatan tahunan bangsa Indonesia yang jatuh setiap 2 Mei. Untuk turut meramaikannya, Anda bisa ikut berbagi ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 ke media sosial.

Hari Pendidikan Nasional adalah hari nasional bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk mengenang jasa Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Ia merupakan tokoh penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia sejak masa penjajahan.

Ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah kolonial Belanda yang kala itu hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya mengenyam pendidikan.

Kritik itu lantas berbuah pengasingan dirinya ke Belanda. Usai kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Sosoknya pun terkenal dengan semboyan pendidikan: ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani.


Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023

Sejumlah murid SD mengikuti upacara bendera menyambut Hari Sumpah Pemuda di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2014. Setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda untuk mengenang jasa dan perjuangan para pemuda dalam Kongres Pemuda Indonesia kedua pada 28 Oktober 1928 sebagai proses kelahiran bangsa Indonesia. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Ilustrasi. Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023 (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional 2023 lengkap dengan beberapa kutipan (quotes) bijak dari Ki Hajar Dewantara.

  1. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ayo buka bukumu, ambil penamu, dan mari belajar bersamaku.
  2. Ki Hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan Indonesia. Jasa beliau telah mengantarkan kita agar bisa belajar merdeka. Mari kita sama-sama memajukan kualitas pendidikan bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional Indonesia.
  3. Selamat Hari Pendidikan Nasional, karena pendidikan merupakan warisan berharga sebagai pintu menuju masa depan.
  4. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023, karena tanpa pendidikan kita tidak akan menjadi manusia yang bermoral.
  5. Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.
  6. Di Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita jadikan pengingat agar generasi muda Indonesia, tidak patah semangat menggapai ilmu setinggi langit.
  7. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023 untuk semua insan-insan pendidikan di Indonesia.
  8. Pendidikan merupakan wahana terbaik untuk mencerdaskan putra-putri bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.
  9. Kemerdekaan belajar dalam menuntut ilmu merupakan dambaan bagi para insan pendidikan. Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional!
  10. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023! Di era digital ini, kecanggihan teknologi semakin terdepan dan menuntut kita untuk melek terhadap pendidikan.
  11. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga pendidikan yang berkualitas, bisa diakses oleh seluruh rakyat Indonesia.
  12. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan terbantahkan oleh dunia, dengan mewujudkan merdeka belajar. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023.
  13. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Sebab pendidikan merupakan daya upaya untuk memajukan budi pekerti manusia.
  14. Pendidikan memang tidak menjamin kesuksesan sepenuhnya. Tapi tanpa pendidikan, maka kehidupan akan menjadi lebih sulit. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2023!
  15. "Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, dan jadikan setiap orang sebagai guru." (Ki Hajar Dewantara)
  16. "Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk kehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)." (Ki Hajar Dewantara)
  17. "Dengan ilmu kita menuju kemuliaan." (Ki Hajar Dewantara)
  18. "Dalam berbicara seseorang harus tetap berpikir jernih, hingga dapat mencetuskan ide-ide unggul dan berakhir dengan kemenangan." (Ki Hajar Dewantara)
  19. "Dengan budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya." (Ki Hajar Dewantara)
  20. "Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan." (Ki Hajar Dewantara)

Itulah beberapa ucapan Hari Pendidikan Nasional 2023. Selain diunggah ke media sosial, ucapan tersebut juga cocok dijadikan twibbon.

(avd/fef)

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
May 02, 2023 at 05:00AM
https://ift.tt/enFxljM

20 Ucapan Hari Pendidikan Nasional dan Quotes Bijak Ki Hajar Dewantara - CNN Indonesia
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/PlMqiok
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "20 Ucapan Hari Pendidikan Nasional dan Quotes Bijak Ki Hajar Dewantara - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.