Search

Selamat, Pemkab Gowa Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK Sulsel - Tribun Timur

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penyerahan penghargaan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 dilakukan oleh Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun, kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang didampingi oleh Wakil Bupati Abd Rauf Malaganni di Kantor BPK Sulsel, Jumat (26/5/2023).

Adnan Purichta Ichsan mengucapkan terima kasih karena Gowa berhasil meraih Opini WTP dari BPK Sulsel untuk yang ke-11 kalinya.

Menurutnya, Opini WTP ini merupakan hal penting dalam memajukan daerah.

"Alhamdulillah, Gowa berhasil meraih Opini WTP untuk yang ke-11 kalinya. Setiap penyerahan Opini WTP menjadi agenda penting bagi seluruh daerah, karena jika ingin membangun daerah, maka kuncinya harus mendapat Opini WTP dari BPK," kata Bupati Adnan.

Ia menekankan bahwa opini WTP memiliki peran penting dalam beberapa penilaian dari pusat, seperti dalam syarat-syarat DID, penghargaan PPD, Sakip, dan lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk membangun daerah yang lebih baik di masa depan.

Ia juga memberikan apresiasi kepada tim BPK yang melakukan pemeriksaan.

"Kami juga berterima kasih kepada BPK, khususnya kepada tim yang melakukan audit. Tim yang datang adalah yang terbaik selama ini, mereka mudah diajak komunikasi, memiliki solusi, dan ramah," tuturnya.

"Terima kasih telah membimbing dan mendampingi kami sehingga kami bisa meraih Opini WTP kembali. Ini akan menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk terus memberikan kontribusi dalam kemajuan daerah dan masyarakat yang lebih sejahtera di masa depan," tuturnya.

Amin Adab Bangun menyatakan setelah melakukan proses pemeriksaan melalui tim yang profesional dan sesuai prosedur, opini yang diberikan kepada Gowa adalah Wajar Tanpa Pengecualian.

Baca juga: Selamat! Pemkot Parepare Kembali Raih Predikat Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan

Baca juga: Buka Porseni PGRI, Wakil Bupati Gowa Harap Lahirkan Atlet Jiwa-jiwa Sportifitas

Ia menjelaskan bahwa terdapat empat kriteria BPK dalam memberikan opini terhadap LKPD kabupaten dan kota, yaitu kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan informasi laporan keuangan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

"Tim yang melakukan audit itu berbasis risiko, jadi berisiko tinggi maka tim mendalami hal itu. Misalnya terdapat dokumen yang diminta tapi tidak diberikan atau ditunda maka itu menjadi risiko sedang namun jika masih ada alasan maka naik menjadi risiko tinggi dan hal lainnya berdasarkan empat kriteria yang disebutkan," jelasnya. 

Atas capaian tersebut, ia mengapresiasi langkah pemerintah Gowa dan Bantaeng atas tindak lanjut rekomendasi yang diberikan dan mampu meraih WTP yang kesekian kalinya. 

Pada penyerahan ini, bupati Gowa turut didampingi Sekda Gowa Kamsina, Ketua DPRD Gowa Rafiuddin dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)

Laporan Wartawan TribunGowa.com, Sayyid Zulfadli

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
May 27, 2023 at 08:50PM
https://ift.tt/T1GI324

Selamat, Pemkab Gowa Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK Sulsel - Tribun Timur
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/Mp9USkc
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selamat, Pemkab Gowa Raih Penghargaan Opini WTP dari BPK Sulsel - Tribun Timur"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.