Search

Ekonom Ini Sarankan Lockdown Biar Ekonomi RI Selamat dari Corona - Detikcom

Jakarta -

Ekonom senior Indef Dradjad Wibowo mengatakan di tengah pandemi corona yang telah mewabah di Indonesia, pemerintah harus lebih tegas untuk melakukan pencegahan penyebaran virus dibanding mempertimbangkan perekonomian.

Menurutnya, perekonomian saat ini sudah sangat tertekan karena virus corona. Penyelamatan terbaiknya adalah dengan mencegah wabah ini meluas, kalau perlu ambil langkah ekstrim untuk melakukan lockdown alias isolasi wilayah.

"Kalau mau menyelamatkan ekonomi maka harus cegah wabahnya. Justru penyelamatan ekonomi paling bagus dan terbaik adalah mencegah wabahnya, salah satunya lockdown," ungkap Dradjad lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Dradjad menilai pemerintah dan masyarakat harus lebih serius untuk mencegah wabah ini meledak. Dia mengatakan kalau tidak bisa mencegah wabah ini terus meluas, justru perekonomian akan makin anjlok, skenario terburuk tidak akan bisa diselamatkan.

"Kalau pemerintah ingin menyelamatkan ekonomi kita semua, pemerintah dan masyarakat harus all out untuk cegah wabah ini meledak. Pelajaran yang bisa diambil adalah kalau gagal mencegah wabah ini, ekonomi otomatis akan jauh merosot dan justru tidak ada lagi yang bisa diselamatkan," kata Dradjad.

Dradjad pun menolak anggapan bahwa tak perlu melakukan hal ekstrim macam lockdown Indonesia bisa selamat dari corona. Dia tidak ingin pemerintah lambat dan membiarkan perekonomian terlanjur merosot sangat dalam.

"Banyak yang bilang ekonomi harus diselamatkan dan nggak perlu melakukan kegiatan yang ekstrem. Pandangan ini keliru. Melihat pengalaman Iran dan, Italia, ketika wabah mereka besar ekonomi praktis berhenti," jelas Dradjad.

Simak Video "Wishnutama Bidik Sejumlah Hotel untuk Jadi Sarana Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
March 24, 2020 at 02:57PM
https://ift.tt/2WFv79c

Ekonom Ini Sarankan Lockdown Biar Ekonomi RI Selamat dari Corona - Detikcom
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ekonom Ini Sarankan Lockdown Biar Ekonomi RI Selamat dari Corona - Detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.