Search

Mirip Dongeng Pinokio, Pria Asal AS Ini Selamat Usai Ditelan Seekor Paus Bungkuk - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Michael Packard berhasil selamat setelah menghabiskan 30 hingga 40 detik di dalam mulut paus.

Kisah Packard tersebut digambarkan banyak orang mirip kisah Nabi Yunus maupun dongeng Pinokio yang menceritakan manusia selamat usai ditelan paus.

Kira-kira dua tahun lalu, seorang pria asal Amerika Serikat membuktikan sendiri peristiwa tersebut.

Seekor paus menelannya utuh-utuh. Untungnya, pria itu disemburkan lagi keluar sehingga bisa selamat.

Baca juga: Kisah Kiska, Paus Orca Paling Kesepian di Dunia yang Mati di Penangkaran

Sedang menyelam

Dilansir dari Cape Cod Times, Michael Packard yang saat itu berusia 56 tahun merupakan penyelam lobster veteran asal Massachusetts, AS.

Pada Jumat, 11 Juni 2021 pagi, ia sedang memanen lobster di dekat Pantai Herring Cove di Teluk Cape Cod. Ia sebelumnya telah menyelam dua kali di laut tersebut.

Saat melakukan penyelaman ketiga, Packard menyelam hingga dasar laut yang berpasir. Ia lalu melihat sekumpulan ikan berenang melewatinya.

"Tiba-tiba, saya merasakan dorongan besar dan hal berikutnya yang saya tahu sekeliling benar-benar hitam," ujar Packard.

NDTV melaporkan, pria itu ingat bagaimana air mengalir deras di sekelilingnya dan menekan tubuhnya saat dia terbawa arus dengan sangat cepat. Dia juga merasakan tekanan pada seluruh tubuhnya.

Awalnya, Packard mengira dia dimakan hiu putih besar. Namun, dia tidak dapat merasakan gigi hiu dan tidak mengalami luka parah.

Packard akhirnya menyadari bahwa dia telah ditelan hidup-hidup oleh seekor paus bungkuk.

Baca juga: Paus Bungkuk Putih Mati Terdampar di Australia, Penyebabnya Misterius

Di dalam perut paus

Balin pada mulut paus bungkukShutterstock/John Tunney Balin pada mulut paus bungkuk
Packard mengungkapkan bahwa saat itu dia masih berada di mulut paus.

“Saya benar-benar di dalam, itu benar-benar hitam. Saya berpikir, tidak mungkin saya keluar dari sini. Saya sudah selesai, saya sudah mati, yang bisa saya pikirkan hanyalah anak laki-laki saya. Mereka berusia 12 dan 15 tahun,” kata Packard.

Packard berada di dalam paus sekitar 30 sampai 40 detik. Dalam waktu itu, ia merasakan paus itu meremas tubuhnya dengan otot-otot di mulutnya.

Untungnya, pria itu masih memakai peralatan selam sehingga ia tetap bisa bernapas dan bergerak. Packard lalu mencoba meronta.

Merasakan pergerakan pria itu, si paus mulai menggelengkan kepalanya. Packard sadar mamalia laut tersebut tidak menyukainya. Tak lama, paus itu muncul ke permukaan laut.

"Saya melihat cahaya, dan dia mulai melemparkan kepalanya ke samping, dan hal berikutnya yang saya tahu saya berada di luar air, " kata Packard.

Baca juga: Bagaimana Cara Paus Menyusui Anaknya?

Penyelamatan Packard

Ilustrasi paus. Shutterstock/Anne Powell Ilustrasi paus.
Adik Packard, Cynthia Packard menyatakan bahwa seorang kru kapal sekaligus rekan kakaknya bernama Josiah Mayo melihat paus itu muncul ke permukaan.

Paus bungkuk itu kemudian melemparkan saudaranya kembali ke laut. Mayo menjemputnya dengan kapal, menelepon melalui radio ke pantai, dan melesat menuju dermaga Provincetown.

Ambulans Dinas Pemadam Kebakaran Provincetown kemudian membawa Packard ke Rumah Sakit Cape Cod.

“Untung, itu bukan hiu putih. Packard selalu melihat mereka di luar sana. Dia pasti mengira dia sudah mati,” kata Cynthia Packard.

Packard sempat dirawat di rumah sakit dan tidak mengalami cedera serius. Ia keluar dari rumah sakit di Jumat yang sama pada sore harinya.

Paus bungkuk merupakan jenis mamalia laut yang tidak agresif. Insiden paus ini melukai perenang dan penyelam sangat jarang terjadi.

Paus ini juga memiliki kerongkongan tanpa gigi yang terlalu kecil untuk benar-benar menelan manusia. Mereka mungkin menutup mulut saat menelan suatu benda besar dan kemudian mengeluarkannya.

Packard diduga tertelan saat paus bungkuk sedang berburu ikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
April 09, 2023 at 07:30PM
https://ift.tt/GKOM7pr

Mirip Dongeng Pinokio, Pria Asal AS Ini Selamat Usai Ditelan Seekor Paus Bungkuk - Kompas.com - KOMPAS.com
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/heyCslx
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mirip Dongeng Pinokio, Pria Asal AS Ini Selamat Usai Ditelan Seekor Paus Bungkuk - Kompas.com - KOMPAS.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.