Search

Gong Xi Fat Cai & Ucapan Selamat Imlek Lainnya - tirto.id

Ucapan selamat Imlek yang lebih representatif adalah “Xin Nian Kuai Le” alih-alih "Gong Xi Fa Cai"

tirto.id - Imlek atau Tahun Baru Cina 2020 tahun ini jatuh pada Sabtu, 25 Januari. Gong xi fa cai adalah ucapan paling umum saat perayaan Imlek. "Gong xi" berarti "selamat" dan juga cara untuk mengucapkan sukacita. "Fa cai" artinya menjadi kaya atau menghasilkan uang. Jadi mengucapkan gong xi fa cai berarti berharap sukacita dan kemakmuran di tahun baru.

Meski banyak dipakai sebagai ucapan umum selamat tahun baru Imlek, istilah "Gong Xi Fa Cai" dinilai tidak memiliki representasi kuat. Karena secara harfiah, artinya "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan."

“Beberapa percaya bahwa istilah tersebut lebih berfokus pada keuntungan material daripada semangat kebersamaan,” kata dosen senior jurusan Studi China Universiti Malaya Prof. Dr. Yam Kah Kean, seperti dilansir The Star.

Selain gong xi fa cai, xin nian kuai le juga bisa menjadi ucapan Tahun Baru. "Kuai le" berarti "bahagia" atau "gembira," dan "xin nian" berarti "tahun baru." Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi.

Karenanya, ia menilai, ucapan untuk Imlek yang lebih tepat dan representatif adalah “Xin Nian Kuai Le” yang berarti “Selamat Tahun Baru." Sementara itu, dalam bahasa Kanton biasa disebut “Sun Leen Fai Lok.”

Selain dua istilah itu, seperti dikutip The Finder, dikenal pula ucapan “Nian Nian You Yu,” yang berarti “semoga tiap tahun diakhiri dengan kekayaan yang melimpah.”

Ucapan selamat Imlek lainnya “Xin Nian Jin Pu” (semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapanmu terpenuhi), “Shen Ti Jian Kang” (semoga sehat selalu), dan “Sui Sui Ping An” (berharap Anda terhindar dari semua celaka).

Saat Imlek, orang dewasa juga bisa memberi amplop merah atau angpau pada anak-anak dengan uang di dalamnya. Untuk mendapat angpau, anak-anak biasanya akan mengucapkan “Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai.” Artinya, “Selamat Tahun Baru, sekarang beri saya amplop merah!"


Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
January 24, 2020 at 02:47PM
https://ift.tt/2TTqSpa

Gong Xi Fat Cai & Ucapan Selamat Imlek Lainnya - tirto.id
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gong Xi Fat Cai & Ucapan Selamat Imlek Lainnya - tirto.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.