Search

China Kecam AS karena Ucapkan Selamat ke Presiden Taiwan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- China mengecam para pejabat Amerika Serikat dan negara-negara lain karena mengucapkan selamat kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen atas kemenangan dalam pemilu.

Tsai Ing-wen (63) yang dikenal sangat anti-China kembali terpilih menjadi presiden Taiwan dalam pilpres yang digelar Sabtu (11/1).

"Pihak China menyatakan ketidakpuasan yang kuat terhadap hal ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang, Minggu (12/1).


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, serta para diplomat dari Inggris dan Jepang, secara resmi mengucapkan selamat kepada Tsai.

Tetapi, Beijing yang memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, mengecam tindakan mereka karena dianggap melanggar prinsip satu-China.

"Kami sangat menentang segala bentuk pertukaran resmi antara Taiwan dan negara-negara yang telah menjalin hubungan diplomatik dengan China," kata dia dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP.
[Gambas:Video CNN]
Hasil resmi menunjukkan Tsai berhasil meraup 57 persen dari keseluruhan suara. Peserta pemilu kali ini pun mencetak rekor dengan 8,2 juta suara. Lebih banyak 1,3 juta suara dari kemenangan Tsai pada 2016 lalu.

Rival utama Tsai, Han Kuo-yu dari partai pendukung China, Kuomintang, mendapat 39 persen suara dan mengakui kekalahannya.

Media pemerintah China juga menganggap remeh kemenangan Tsai. Dalam laporannya, media pemerintah China meragukan legitimasi kampanye Tsai dengan menuduh pemimpin Taiwan itu menang dengan cara kotor dan curang.

"Tsai dan Partai Demokratik Progresif (DPP) menggunakan cara kotor seperti curang, penindasan, dan intimidasi untuk mendapatkan suara, sepenuhnya memperlihatkan sifat egois, serakah dan jahat," kata kantor berita resmi Xinhua pada hari Minggu.

Xinhua juga menuduh Tsai membeli suara, dan mengatakan "kekuatan gelap eksternal" ikut bertanggung jawab atas hasil pemilihan.


China sampai saat ini berkeras Taiwan adalah bagian dari negara mereka. Mereka bahkan pernah mengancam bakal mengerahkan kekuatan militer jika Taiwan membangkang.

"Terlepas dari apa yang terjadi di Taiwan, fakta dasar tidak akan berubah: hanya ada satu China di dunia dan Taiwan adalah bagian dari China," kata Geng.

"Posisi pemerintah Cina tidak akan berubah," ucapnya dalam sebuah pernyataan.


Tsai sampai saat ini tetap menolak klaim China. Dia semakin mendekat ke AS dan meminta bantuan persenjataan mutakhir seperti jet tempur siluman. Sebab, kekuatan militer China juga tengah berkembang pesat. (dea)

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
January 13, 2020 at 08:28AM
https://ift.tt/35NrDlQ

China Kecam AS karena Ucapkan Selamat ke Presiden Taiwan - CNN Indonesia
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "China Kecam AS karena Ucapkan Selamat ke Presiden Taiwan - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.