Search

PM Spanyol Bubarkan Parlemen Catalonia

INILAHCOM, Madrid - Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy membubarkan parlemen Catalonia dan menyerukan pemilihan lokal secepatnya setelah anggota parlemen di wilayah itu mendeklarasikan kemerdekaan.

Mengutip BBC, Rajoy mengatakan untuk 'memulihkan keadaan menjadi normal' dengan menjalankan pemerintahan secara langsung di Catalonia yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dia juga memecat pemimpin Catalonia, Carles Puigdemont, beserta kabinetnya.

Krisis di wilayah otonom Spanyol itu dimulai ketika pemimpin Catalonia menggelar sebuah referendum untuk kemerdekaan awal Oktober lalu, melanggar peraturan Makamah Konstitusi yang menyebutnya sebagai tindakan ilegal.

PemerintahCatalonia mengatakan bahwa 43 persen pemilih potensial yang mengikuti referendum, 90 persen memilih kemerdekaan. Sedangkan para pemilih lainnya memboikot referendum setelah keputusan Mahkamah Konstitusi.

Pada Jumat (27/10/2017) senat Spanyol memberikan kekuasaan pada Pemerintahan Rajoy untuk menjalankan pemerintahan secara langsung di Catalonia, dan setelah rapat kabinet darurat Rajoy menyatakan apa yang akan terjadi.

"Presiden (Carles Puigdemont) telah memiliki kesempatan untuk kembali ke aturan hukum dan melakukan pemilihan umum," kata dia.

"Ini yang diminta oleh mayoritas warga Catalonia - tetapi dia tidak ingin melakukannya. Jadi pemerintah Spanyol menerapkan kebijakan yang penting untuk kembali ke legalitas," imbuhnya.

Pemilihan regional akan digelar pada 21 Desember mendatang. Rajoy juga mengumumkan pemecatan kepala kepolisian Catalonia.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan PM Spanyol Bubarkan Parlemen Catalonia : http://ini.la/2414380

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PM Spanyol Bubarkan Parlemen Catalonia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.