Search

Jabatan Mugabe Diperpanjang Lima Tahun Lagi

INILAHCOM, Harare - Partai penguasa di Zimbabwe, ZANU-PF berencana menggelar pemungutan suara untuk memperpanjang Presiden Robert Mugabe sebagai ketua partai, untuk masa bakti lima tahun lagi.

Kantor berita Reuters mengabarkan Kamis (12/10/2017), Mugabe yang telah berusia 93 tahun dan sakit-sakitan itu dikabarkan menghadapi rencana penggulingan oleh sebuah kelompok tak dikenal di antara partainya. Setelah masa jabatannya diperpanjang, maka Mugabe diharapkan dapat menyingkirkan saingannya, dan mengakhiri pertikaian di antara pemimpin partainya. "Komerad Mugabe adalah satu-satunya pusat kekuasaan ZANU-PF, dan akan dikukuhkan Desember nanti," tutur anggota politbiro partai itu.

Usianya yang kelewat tua dan krisis ekonomi, mendorong munculnya spekulasi di berbagai faksi di panggung politik Zimbabwe. Satu di antaranya partai yang dipimpin Grace, istrinya. Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa juga mencalonkan diri sebagai pengganti Mugabe apabila pemimpin gaek itu mundur atau meninggal dunia. Kabar mengenai mundurnya kesehatan Mugabe banyak didukung sejumlah dokumen dari Badan Intelijen Zimbabwe.

Para pemimpin ZANU-PF beruding selama lima jam Rabu kemarin dan memutuskan untuk menggelar pemungutan suara. "Argumentasinya, partai yang terancam perpecahan ini bisa dipersatuan melalui pemungutan suara," kata salah satu anggota politbiro. Sementara itu, banyak upaya untuk menggagalkan pencalonan Emmerson Mnangagwa.

Pekan lalu, wakil presiden ini mengaku diracun oleh seseorang tak dikenal. Laporan itu dibantah keras oleh Grace Mugabe yang balik menuduh Emmerson menyusun rencana menggulingkan Mugabe. Padahal, pada 2014, Mnagagwa - yang dikenal sebagai Ngwena atau Buaya itu, digadang Mugabe sebagai calon favorit penggantinya.

Entah kenapa, Senin lalu, Mugabe menggelar pergantian kabinet dan mencopot Pak Buaya sebagai penguasa departemen kehakiman. Tiga orang menteri lainnya juga mengalami nasib sama. Dan kini, jalan mulus tersedia bagi Grace Mugabe, yang memang sejak lama berambisi menjadi orang nomor satu Zimbabwe.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Jabatan Mugabe Diperpanjang Lima Tahun Lagi : http://ini.la/2410806

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jabatan Mugabe Diperpanjang Lima Tahun Lagi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.