Search

Selamat, Tim Debat Bahasa Inggris NTB Juara 3 Nasional! - Jawa Pos

MATARAM-Prestasi ditorehkan tim debat bahasa Inggris NTB. Mereka keluar sebagai juara tiga nasional, dalam National Student Debating Championship (NSDC), yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI.

Anggota tim terdiri dari Ni Putu Amasya Chikita Rivanny siswi kelas XII SMA Katolik Kesuma Mataram, Muhammad Kukuh Wahyudi Satriawan, siswa kelas XI MAN 2 Mataram, dan Rukmanggana Satya Pratiwi, siswa kelas XII SMAN 1 Mataram.

”Benar-benar kerja keras luar biasa,” ujar Rukmanggana Satya Pratiwi.

Persiapan sudah dilakukan selama dua bulan, usai ketiganya terpilih mewakili NTB dalam lomba tersebut.

”Berbagai kendala ya, mulai dari sinyal sampai latihan berbicara di depan kamera,” ujarnya terkait persoalan yang dihadapi.

Selain Covid-19, berbagai isu dunia yang menjadi pembahasan dipelajari.

”Ada pembahasan tentang feminis, politik Amerika Serikat, dan masih banyak lagi,” jelas dia.

Selain mendapat juara tiga nasional, Rukmanggana Satya Pratiwi juga berada di peringkat 13 individu. Ia akan mengikuti seleksi World School Debating Championship (WSDC) 2021 di Macau. ”Aku juga lagi persiapan untuk itu,” pungkasnya seraya meminta doa.

Pelatih dari Lombok Debating Troops (LDT) Yusran Hadi menjelaskan, masing-masing materi yang dibahas memiliki pelatih. ”Kami bisa katakan, tahun ini persiapannya benar-benar dilakukan secara matang, misalnya materi debat tentang ekonomi, kami siapkan pelatihnya,” jelas dia.

Pandemi Covid-19 mengubah pola latihan. Dari langsung menjadi daring. Meski begitu, siswa dan pelatih tetap bersemangat. ”Kami juga ada training center, kerja sama dengan Dinas Dikbud NTB dan sekolah untuk mempersiapkan anak-anak ini,” terangnya.

Juara tiga nasional melampaui target dan merupakan pencapaian tertinggi NTB. ”Tujuh tahun tidak lolos 16 besar, kita selalu gugur di pra-eleminary dan sekarang kita di tiga besar nasional, kami pelatih sangat bangga,” tegas dia.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB Aryanti Dwiyani turut mengucap syukur. ”Apresiasi luar biasa bagi tim NSDC NTB atas capaiannya,” kata dia.

Pembina MAN 2 Mataram English Club (MEC) Fina Karismayanti berpesan, jangan pernah merasa puas. ”Latihan, latihan, dan belajar terus, untuk mengasah lebih banyak lagi kemampuan,” ujarnya. (yun/r9)

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
October 30, 2020 at 10:37AM
https://ift.tt/3mEml4K

Selamat, Tim Debat Bahasa Inggris NTB Juara 3 Nasional! - Jawa Pos
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selamat, Tim Debat Bahasa Inggris NTB Juara 3 Nasional! - Jawa Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.