Search

7 Fakta Ekonomi RI 2020 Diprediksi Minus, Selamat Datang Resesi - Okezone Economy

JAKARTA – Indonesia bakal mengikuti jejak negara lain yang terkena kontraksi ekonomi hingga resesi akibat pandemi Covid-19. Kuartal III-2020 diprediksi perekonomian Tanah Air akan tercebur ke jurang resesi karena tak kuat menahan krisis akibat wabah tersebut.

Terkait hal itu Okezone sudah merangkum beberapa fakta tentang perekonomian Indonesia akan mengalami resesi, Jakarta, Minggu (27/9/2020).

 Baca juga: RI Masuk Jurang Resesi, Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Kuartal III Minus 2,9% 

1. Kemenkeu Sudah Pasrah Indonesia Pasti Resesi di 2020

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu memproyeksi perekonomian akan kembali minus 2,9% hingga 1%. Artinya, Indonesia sudah mengalami dua kali perekonomian minus, setelah sebelumnya pada kuartal II-2020 minus 5,3%.

“Kuartal III expect di kisaran minus 2,9% dan minus 1%, berarti sudah resesi, sudah perpanjangan perlambatan ekonomi kita,” ujar Febrio dalam diskusi virtual BKF.

 Baca juga: Indonesia Resesi, Sri Mulyani Bilang Ekonomi Kuartal III Bakal Minus 2,9%

2. Konsumsi Rumah Tangga Masih Negatif

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, ekonomi Indonesia akan berada pada zona negatif yakni pada minus 1 hingga 2,9%. Hal ini seiring konsumsi rumah tangga yang masih mengalami kontraksi yang masih negatif seiring masih adanya pembatasan sosial berskala besar.

"Konsumsi rumah tangga masih negatif yang mana proyeksinya masih minus 3,0% hingga minus 1,5%," ujar Sri Mulyani dalam video virtual.

3. Covid-19 Jadi Penyebab Utama

Bendahara Negara itu menekankan virus covid-19 ini masih menjadi faktor utama yang mempengaruhi perekonomian baik dalam skala global maupun nasional. Kemampuan mengendalikan virus covid ini menjadi sangat penting.

"Dengan kondisi covid-19 yang masih menjadi faktor pertama pengaruhi ekonomi, di level global dan nasional kita masih sangat ditentukan oleh kemampuan pengendalian covid-19," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



"selamat" - Google Berita
September 27, 2020 at 07:01AM
https://ift.tt/30dbvdj

7 Fakta Ekonomi RI 2020 Diprediksi Minus, Selamat Datang Resesi - Okezone Economy
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Fakta Ekonomi RI 2020 Diprediksi Minus, Selamat Datang Resesi - Okezone Economy"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.