Search

Dokter yang Selamat dari Serangan KKB Tepis Tudingan OPM soal Senjata - detikNews

Jayapura -

Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua mengakui telah membantai para tenaga kesehatan (nakes) saat membakar sejumlah fasilitas umum, termasuk puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang. Teroris KKB malah menuduh salah seorang dokter membawa senjata api.

Pengakuan dan tuduhan itu disampaikan salah seorang juru bicara teroris KKB TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangannya.

"Pembantaian terhadap tenaga medis itu bermula karena dokter di Puskesmas Kiwirok lebih dulu mengeluarkan senjata api dan menembaki Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)," tulis Sebby dalam keterangannya.

Tuduhan teroris KKB itu langsung dibantah dr Restu Pamanggi, salah seorang dokter yang selamat dan saat ini sedang dirawat di RS Marthen Indey, Jayapura.

"Saya masyarakat sipil biasa, saya di sana melayani, bukan sebagai militer. Saya melayani sebagai dokter biasa, semua di sana kenal saya. Sebagai masyarakat sipil biasa saya tidak pegang senjata api," ujar dr Restu kepada wartawan, Senin (20/9).

Menurut dr Restu, pihaknya bahkan tidak memiliki senjata apa pun untuk membela diri saat para nakes dibantai dengan tidak manusiawi oleh teroris KKB.

"Saya hanya sembunyi di rumah, kemudian diserang, dibakar lalu saya keluar. Saat keluar, saya dikeroyok sampai tangan saya patah," katanya lirih.

Untuk diketahui, Sebby Sambom, yang merupakan juru bicara teroris KKB dari kelompok TPNPB-OPM, memang selalu keluar memberikan pembelaan sesaat setelah kelompoknuya melakukan aksi tidak manusiawi.

Sementara itu, penyerangan teroris KKB di Distrik Kiwirok masih meninggalkan duka bagi sejumlah nakes yang menjadi korban, termasuk para keluarganya. Dari 11 orang yang dibantai, seorang suster bernama Gabriella Meilani meninggal dunia setelah dibunuh secara sadis.

Sedangkan satu perawat lainnya atas nama Gerald Sokoy hingga kini tak diketahui nasibnya. Jenazah Suster Ella juga hingga kini belum berhasil dievakuasi ke Kota Jayapura.

Simak video 'KKB Papua Serang Nakes, Pimpinan DPR: Sengaja Pancing Perhatian Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/idh)

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
September 20, 2021 at 02:55PM
https://ift.tt/3tSWY4a

Dokter yang Selamat dari Serangan KKB Tepis Tudingan OPM soal Senjata - detikNews
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/35maaAR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dokter yang Selamat dari Serangan KKB Tepis Tudingan OPM soal Senjata - detikNews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.