Search

VIDEO - Kisah Haji Jamil yang Selamat dari Tragedi Cot Jeumpa - Serambinews.com

SERAMBINEWS.COM –Haji Muhammad Jamil (86 tahun) adalah satu dari sedikit warga Lhoong, Aceh Besar, yang menjadi saksi sejarah peristiwa berdarah di Mukim Cot Jeumpa, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, 68 tahun lalu.

Peristiwa yang merenggut 25 nyawa nelayan di Lhoong ini, terjadi pada, Senin, 28 Februari 1955.

Insiden pembantaian 25 nelayan Lhoong ini merupakan ekses dari penyanggongan sebuah truk militer Indonesia oleh Tentara Darul Islam, di sekitar jembatan Krueng Raba, Lhoknga, pada tanggal 25 Februari 1955.

Dua hari sebelumnya, atau pada tanggal 26 Februari 1955, insiden pembantaian yang merenggut nyawa 64 orang petani dan nelayan, terjadi di Gampong Pulot (kini masuk Kecamatan Leupung), yang berjarak sekira 12 kilometer dari Cot Jeumpa.

Muhammad Jamil yang merupakan pensiunan PT. Telkom tidak tahu persis apa yang menjadi penyebab terjadinya aksi pembantaian terhadap warga desa itu.

Tapi Haji Jamil masih sangat ingat saat dia dan tiga rekannya, serta beberapa warga lainnya, dikumpulkan oleh tentara dan dibawa ke pinggir laut.

Di sana lah, sebanyak 25 warga meregang nyawa di bawah desingan peluru tentara.

Muhammad Jamil selamat dari peristiwa itu. Dia dilepaskan, karena perawakannya yang kecil dan pada hari itu memakai celana pendek, sehingga disangka masih anak-anak.

Berikut kisah lengkap Haji Muhammad Jamil yang ditemui secara kebetulan oleh jurnalis Serambinews.com, Zainal Arifin, di pasar Cot Jeumpa, Minggu 25 Juni 2023.

Tragedi Cot Jeumpa

Dikutip dari berbagai sumber, insiden berdarah di Cot Jeumpa adalah sebuah rangkaian peristiwa pembantaian masyarakat sipil oleh aparat TNI di Desa Pulot, Mukim Leupung dan Desa Cot Jeumpa Mukim Cot Jeumpa, di Kecamatan Lhoong, Aceh Besar pada bulan Februari dan Maret 1955.

Pada peristiwa ini jumlah korban tewas mencapai 99 jiwa.

Selain 25 korban syahid di Cot Jeumpa, ada 64 syuhada yang dimakamkan di Pulot Leupung, dan 10 syuhada lainnya di Kruengkala, Kecamatan Lhong, Aceh Besar.

Saat ini, Desa Pulot masuk dalam Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

Adblock test (Why?)



"selamat" - Google Berita
June 27, 2023 at 07:40PM
https://ift.tt/oi2y7uQ

VIDEO - Kisah Haji Jamil yang Selamat dari Tragedi Cot Jeumpa - Serambinews.com
"selamat" - Google Berita
https://ift.tt/ylC1tJe
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "VIDEO - Kisah Haji Jamil yang Selamat dari Tragedi Cot Jeumpa - Serambinews.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.